September 25, 2013

PENGALAMAN BARU BERBISNIS

PENGALAMAN BARU BERBISNIS, BEKERJASAMA DENGAN SWALAYAN!

Allah membuka 9 pintu rejeki dari 10 pintu rejeki dari bidang perdagangan… Karena keyakinan ini dan tentunya ingin jadi pengusaha sukses seperti Rosul, saya berjuang untuk membangun bisnis yang jalani selama ini..,, jual beli pakaian muslimah dan berjualan pulsa. Sebenarnya saya baru memulai bisnis ini,, kira-kira sekitar setahun yang lalu..
Banyak sekali pelajaran yang sya ambil sebelum akhirnya saya sukses mengorganisir bisnis ini.,, eh blum bisa dikatakan sukses juga se,, karena dari segi omset dan target penjualan belum terpenuhi.., tapi menurut saya ini adalah langkah awal kesuksesan,, mungkin,, dengan ijin Allah,, jika bisnis ini mampu saya pertahankan puluhan tahun kedepan dengan modal yang terus bertambah, insyaAllah untungnya bakal banyak,,
Saya memulai berdagang dengan sesuatu yang mudah menurut saya,,, berjualan pulsa,, saya berjualan pulsa ini,, tidak untuk mencari untung,, tapi dengan dasar memudahkan orang lain untuk membeli pulsa,, jadi keuntungan dalam berjualan pulsa ini tidak begitu banyak,, tapi entah mengapa saya merasa sengan berjualan pulsa,, meskipun banyak juga yang kadang berhutang kepada saya,, tapi itu justru membuat saya senang,, karena saya bisa menolong mereka.., hhee….
Lain halnya dengan berjualan pulsa,, dagangan saya lainnya adalah baju muslimah mulai anak-anak hingga dewasa,, serta aneka tas kanvas.,,, barang-barang ini jika yang beli adalah teman-teman sendiri,, prinsipnya sama,, saya hanya ambil untung sedikit,, karena dasar ingin menolong mereka mendapatkan baju yang sesuai syari(hehe,, siapa tau saya dapat pahala juga gara-gara mereka pake baju bagus sesuai syari) he,, membayarnya pun sesuai kelonggaran mereka,,, jika mereka sudah ada rejeki lebih boleh segera dibayar,, jika belum tidak apa-apa hutang..,, begitulah,,, TAPI Prinsip ini khusus untuk berdagang sesame teman..,
Lain teman,, lain orang lain,, lain bisnis..,, hehe (mbulet)..,, Saya juga mensuplai baju-baju ini kebeberapa swalayan,, sekarang baru 2 swalayan se,,, (pingin merambah ke beberapa swalayan lain,, tapi sabar sulu lah,,,, modalnya blum cukup..,, nunggu ada rejeki lagi..)
Dari 2 swalayan ini ada beberapa pengalaman berharga yang saya dapatkan,, maklum pedagang baru,, he.. Dari swalayan pertama,, saya mendapatkan kemudahan dalam bertransaksi,, karena di swalayan ini sistemnya masih manual,, tergantung sya ambil barangnya kapan,, titip barangnya kapan,, uangpun bisa segera dicairkan saat itu juga..,,(maklum swalayan ini meskipun masih menggunakan system manual tapi keuntungan perharinya buanyak jadi bisa langsung kasih uang cash jutaan rupiah..)..
Lain cerita dengan swalayan ke-2,, swalayan ini sudah menggunakan system computer,, omzet swalayan inipun sudah bisa dipastikan milyaran,, tapi meskipun begitu saya tidak bisa seenaknya memasukkan barang dan ambil barang.,, saya harus mematuhi aturan swalayan,, ribet!!! Uang pun tidak bisa diambil pada hari itu,, tapi harus menunggu satu minggu setelah ada TT(tanda terima) yang saya buat..,, beda dengan nota di awal.., Ketika memasukkan barangpun tidak bisa langsung dipajang dan dijual saat itu,, tapi harus nunggu berminggu-minggu,, untuk penjual skala seperti saya,, WAKTU ini terbuang sia-sia,, tanpa ada keuntungan yang saya dapat.. Jadi,, kalo ingin memasukkan barang kesana,, harus sesuai waktunya,, karena saya baru,, kan tidak tau jadwalnya,, otomatis nunggu beberapa hari,, itupun baru dapat BARCODE,, blum bisa dijual,, karena BARCODE itu harus ditempel satu persatu di barang yang saya jual,, dan baru besoknya baru bisa didisplay… Dibetnya!!
Tapi meskipun begitu ribet,,, saya mendapatkan keuntungan yang lumayan,, karena barang saya banyak diminati,,,, karena selain harganya murah,, modelnyapun bagus!!
TAPI KALO PINGIN YANG LEBIH MURAH LAGI,,, jelasnya!! PESAN LANGSUNG ke saya DUNG!!
Semoga tahun 2014 saya bisa memasukkan barang kelebih banyak swalayan (Sudah ada bayangan..,, hehe) ..,, Amin!!!